Senin, 07 Mei 2018

3.7 MENGANALISIS PEMBUATAN E-BOOK & 4.7 MEMBUAT E-BOOK DENGAN PERANGKAT LUNAK E-BOOK EDITOR


     3.7 Menganalisis pembutan E-book


 



     Sigil merupakan aplikasi editor yang digunakan dalam pembuatan ebook. Sigil ini dapat membaca file dengan extensi *.epub, *.htm, dan *.html.
  • Untuk membuat ebook siapkan file word, kemudian konversi benjadi format html seperti berikut ini.
1
  • Jika sudah selanjutnya buka aplikasi Sigil yang sebelumnya telah diinstal di komputer Anda. Kemudian pada sigil akan tampil seperti gambar dibawah ini.
2
  • Langkah selanjutnya adalah membuat daftar isi otomatis. Daftar isi diperlukan untuk memudahkan pembaca agar dapat membaca halaman tertentu yang ingin dituju. Letakkan kursor pada judul topik utama kemudian klik tombol h1 dan sub topic sebagai h2.
34
  • Lakukan hal tersebut pada bab-bab senajutnya. Jika sudah semua pilih menu Tools Table of contents Generate table of contents.
5
  • Kemudian akan muncul kolom sebagai berikut.
6
  • Jika kolom tersebut sudah muncul buat daftar isi untuk dapat ditampilkan ketika sudah jadi. Dengan cara pilih menu Tools à Table of contents à Create HTML Table Of Contens.
7
  • Kemudian edit dengan judul TOC menjadi Daftar isi. Sehingga akan tampil seperti gambar dibawah ini.
8
  • Berikutnya adalah membuat Metadata editor, ini berfungsi untuk menampilkan judul ebook dan autornya. Caranya adalah pilih menu Tools à Metadata Editor
9
  • Kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut.
10
      Title sebagai judul ebook dan Autor sebagai nama pembuat bukunya. Kemudian tekan OK jika selesai editing.
      Simpan file tersebut dengan berekstensi *.epub.

   4.7 Membuat E-book dengan perangkat lunak E-        book Editor

    Pengertian E-book
   Apakah Anda hobi membaca buku ? Jika iya, maka Anda merupakan orang yang memiliki banyak wawasan dan pengetahuan dari buku yang telah Anda baca. Selain itu, sekarang jamannya teknologi segala sesuatu sering kali dikaitkan dengan dunia teknologi dan tidak dapat dipungkiri bahwa kita kidak bisa terlepas dari gadget dan antek-anteknya. Dengan adanya teknologi kita akan semakin mudah untuk mengakses buku yang kita inginkan. Berbicara mengenai buku dan teknologi Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan e-book. Kata e-book sering bertebaran di internet dan sering dijual-jual di internet. Bahkan kita bisa mendapat e-book dengan mudah di internet tanpa harus membeli. Namun tahukah Anda apa itu e-book ? Bagaimana cara membuatnya ? dan apakah menggunakan software tertentu atau bahkan tanpa software ? apa itu software Kvisoft FlipBook Maker ? Semua itu akan dijelaskan dalam artikel singkat ini. Berikut penjelasan mengenai e-book dan cara pembuatan e-book.
  E-book maupun yang dikenal dengan buku elektronik merupakan sebuah versi elektronik dari buku. Buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang berisi teks atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital tetapi dapat berwujud teks atau gambar yang dapat dibuka secara elektronis melalui komputer. Terdapat berbagai format buku elektronik yang populer, antara lain adalah pdf (portable document format) yang dapat dibuka dengan program Acrobat Reader atau sejenisnya. Ada juga dalam bentuk format html, yang dapat dibuka dengan browsing atau internet eksplorersecara offline. Ada juga yang berbentuk format exe. Exe adalah ekstensi file atau file yang dapat dieksekusi oleh komputer yang menjalankan sistem operasi Microsoft Windows Dalam sistem tersebut, aplikasi dapat diluncurkan dari sebuah file dengan ekstensi Exe. Tetapi, kebanyakan e-book menggunakan format pdf, karena lebih mudah diakses oleh semua kalangan dan mudah dalam mengolah security.
    Kelebihan dan Kelemahan E-book
  1. Kelebihan E-book
  2. Untuk mendapatkannya sangat mudah 
   Untuk mendapatkan e-book lebih mudah dibanding Anda mendapatkan buku biasa. Dengan duduk di depan komputer atau gadget secara online, dalam waktu yang tidak terlalu lama pun Anda bisa mendapatkan e-book yang Anda inginkan.
  1. Untuk membuatnya sangat mudah dan tidak terlalu banyak biaya 
   Berbeda dengan pembuatan buku biasa, e-book sangat mudah dibuat. Anda hanya perlu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat e-book seperti aplikasi pembuka pdf, dan lain-lain.
  1. Kelemahan E-book
  2. Membutuhkan suatu perangkat lunak untuk membukanya, baik komputer atau alat lainnya.
  3. Mata yang tidak terbiasa untuk membaca di monitor. Hal ini membuat kebanyakan orang cenderung mencetak e-book dengan printer,  setelah membaca beberapa halaman dari e-book.
  4. E-book memiliki berbagai format, yang terlihat dari extension filenya seperti pdf, txt, doc, chm, dejavue, iSilo, dan lain-lain. Hal ini membuat dibutuhkan berbagai aplikasi berbeda untuk membukanya maupun
   Cara Membuat E-book
  Setelah dijelaskan pengertian, fungi, kelemahan dan kelebihan dari e-book, pada poin ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat e-book.
  Membuat e-book bisa dibilang cukup sederhana. E-book dapat dibuat dengan menggunakan software maupun juga tanpa software. Nah, di bawah ini adalah hanya rekomendasi saja dari yang pernah saya ketahui soal e-book creator. Hanya dengan mengetikkan salah satu kata kunci pada mesin pencari seperti Google, maka e-book creator tentunya akan terlihat diberbagai blog, atau bahkan langsung menuju ke website aslinya. Caranya cukup cari kata kunci di bawah ini dimesin pencari, biasanya sudah ada yang menyediakan dengan gratis.
     Natata Ebook Complier Gold versi 3.0
     Shockbuilder 10  
     E-book Writers Lite
     Kvisoft FlipBook Maker, dan sebagainya.
   Mungkin tidak bisa dipungkiri bahwa e-book creator di atas umumnya berbayar, tetapi sekarang karena begitu banyak hacker, cracker, dan sebagainya, maka kita dapat mendapatkan versi gratis yang disediakan oleh blog-blog di internet.
 Selain membutuhkan e-book creator seperti di atas, kita juga akan membutuhkan cover e-book creatorCover e-book dapat dibuat menggunakan Adobe Photoshop, TBS cover editor, Adobe Ilustrator, Adobe Indesign, Corel Draw, dan lain sebagainya. Seperti halnya e-book creatorcover e-book creator juga dapat ditemui pada blog-blog yang tentunya menyediakan versi gratis.
     Berikut tahap sederhana membuat e-book :
     Tahap 1 : Menulis
   Berbicara soal buku ataupun e-book pastinya tidak bisa terlepas dari menulis. Karena tidak mungkin orang akan membaca karya kita yang hanya kosongan atau tanpa adanya tulisan dalam e-book yang kita buat. Mulailah menulis dengan memanfaatkan Microsoft Word dan alangkah lebih baiknya pastikan bahwa Anda mengarang sendiri dan bukan hasil karangan orang lain.
     Tahap 3 : Membuat Cover E-book
  Setelah melalui tahap menulis, tahap selanjutnya adalah membuat cover e-book. Silahkan mengekspos daya kreatifitasmu dalam membuat cover e-bookagar lebih menarik bisa memperdayakan Adobe Photoshop.
     Tahap 2 : Mengubah File Ms. Word menjadi PDF
 Setelah mengarang dan menghasilkan beberapa halaman dalam bentuk file Microsoft Word juga membuat cover yang menarik, mari meng-convert tulisan dan cover tadi yang sudah dibuat ke dalam format PDF, yang terkenal sebagai format e-book yang paling mudah. Kamu bisa mengubah File Microsoft Wordmenjadi PDF dengan menggunakan aplikasi bawaan Microsoft Word untuk yang versi 2010 ke atas, tetapi jangan resah bagi yang menggunakan Microsoft Word versi 2010 ke bawah, karena sudah banyak dijumpai software pengubah file word ke dalam PDF, salah satunya adalah menggunakan bantuan http://www.freepdfconvert.com/.
     Tahap 4 : Membuat E-Book menjadi Nyata
   Nah, ini adalah tahap dimana e-book PDF kita menjadi e-book sungguhan. Seperti dijelaskan di atas, Anda dapat menggunakan berbagai software untuk membuat sebuah e-book, tetapi disini saya akan menggunakan Kvisoft FlipBook Maker. Anda cukup mengikuti langkah-langkah yang ada di Kvisoft FlipBook Maker untuk membuat e-book menjadi nyata.
  1. Pengertian Kvisoft FlipBook Maker
   Kvisoft FlipBook Maker Pro adalah software untuk membuat sebuah e-book, e-catalog, e-brousher, e-presentations dengan cukup mudah. Anda hanya tinggal menambahkan document PDF, JPG, PNG, BMP, atau Jenis video baik SWF, MP4, dan mengolahnya dengan template yang telah di sediakan agar menghasilkan suatu flip book yang menarik untuk dipresentasikan.
  1. Cara Membuat E-book dengan Kvisoft FlipBook Maker
     Langkah pertama, yang harus dilakukan adalah mendownload software flip book maker. Aplikasi ini mudah ditemukan di google dan kemudian tinggal di instal pada laptop.
   Langkah kedua adalah buka flip book maker lalu tambahkan file yang hendak dimasukkan dalam buku digital. Baiknya format file yang digunakan adalah PDF karena jenis file ini memang yang disarankan, kemudian tinggal klik Add File. Selain berupa data tulisan atau gambar file suara dan musik pun bisa dimasukan dan caranya sama saja.
  Langkah ketiga yaitu agar tampilannya bagus setiap pemilik buku bisa menyesuaikan bentuk buku digital yang dimiliki sesuai dengan selera dengan memilih Style.

     Langkah keempat, bila telah yakin dengan bentuk buku digital yang dikehendaki dengan meng-klik Publish maka buku digital telah siap dibaca siapapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar